Ayam Woku, Resep Masakan Mudah

Bagi sebagian wanita yang bekerja, pasti agak kesulitan untuk memasak sesuatu yang cara pengolahannya lama dan rumit. Biasanya yang dicari di google adalah resep masakan mudah agar tetap memasak dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk segera menuntaskan rasa lapar.

resep ayam woku merupakan masak khas Manado menggunakan racikan aneka bumbu dan rempah.

Woku adalah bumbu makanan ala Manado, provinsi Sulawesi Utara,  yang terbuat dari berbagai macam bumbu seperti Jahe, daun jeruk, daun pandan, yang biasa digunakan untuk memasak daging. Bumbu woko terdiri dari dua jenis, yakni woku balanga (dimasak dengan belangga), dan woku daun (dimasak dalam daun).

Masakan khas Manado dengan bumbu Woku ini awalnya hidangan yang berbahan dasar ikan dengan cara dimasak dengan menggunakan daun woka. Daun woka ialah sejenis daun janur yang lebar. Dahulu, leluhur suku Minahasa biasa menggunakan daun woka untuk membungkus mayat sebelum dikubur. Selain untuk prosesi penguburan itu daun ini juga dipakai untuk menggantikan genteng sebagai atap rumah untuk pelindung panas atau hujan. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, daun woka dipakai untuk membungkus makanan seperti nasi dan lauknya. Pemakaian daun woka untuk memasak sebenarnya sudah ada sejak lama. Daun woka dipakai untuk membungkus ikan dan bumbu yang kemudian di bakar. Masakan Woku ini mirip dengan pepes.

Di masyarakat perkotaan, mendapat daun woka agak sulit karena pohonnya jarang ada, dibandingkan dengan masyarakat yang ada di desa. Karena itulah ada namanya Woka Balanga. Cara memasak woku ini tanpa daun woka lagi, ini disebut Woka Balanga yang artinya masak langsung di wajan atau belanga. Istilah Woku Belanga ini akhirnya mulai jadi tren makanan di Manado. Woku Belanga berbeda dengan woku.

Baca Juga :  Resep Ayam Woku, Makanan Lezat Khas Manado

Woku adalah makanan yang tidak berkuah, sedangkan untuk Woku Belanga makanannya dimasak dengan ada kuahnya. Woku Belanga merupakan makanan sehari-hari di rumah orang Manado, Sulawesi Utara dan sekitarnya, tak heran jika kalian pergi ke Manado nanti akan dengan selalu menemukan makanan ini di sebagian besar rumah makan atau restoran. Hal ini karena bumbu Woku dapat di tanam dipekarangan rumah sendiri, jadi masakan ini dapat dibudidayakan dengan menanam bumbunya sendiri dipekarangan rumah. Selain mudah mendapatkan bumbu masaknya, masakan ini mengandung banyak protein sebagai nilai gizi yang dibutuhkan tubuh. Protein tersebut besar dari lauknya, misalnya ayam, ikan, ataupun daging.

Protein yang terkandung dalam sajian makanan ini beragam, beberapa ikan laut dan daging yang memang memiliki banyak protein ini saat dimasak dagingngya tidak mudah hancur saat dimasak. Cara memasak ikan woku juga  bisa beragam, dari mulai hanya kepala ikan saja atau seluruh bagian ikan utuh yang dipotong-potong.

Saking mudahnya cara memasak Woku ini, yang belum pernah memasak sekalipun akan bisa. Bagi yang baru belajar, resep ayam woku mudah untuk dipraktekkan. Intinya, dalam memasak woku hanya perlu menyiapkan bumbu, memotong dan menghaluskannya, menumisnya dengan ditambah dengan air.

Rasa yang sedap dari bumbu woku pasti akan menjadikan masakan lebih lezat. Resep masakan mudah ini tidak perlu ribet, tinggal mencampurkan semua bahan dan bumbu dalam satu wadah, kemudian dimasak hingga matang deh.

Lama waktu untuk sekali memasak Woku Belanga itu kurang dari 15 menit. Bagi kalian yang tertarik untuk mencoba membuat Ayam Woku Belanga, lama untuk memasak bisa mencapai 30 menit. Sekali membuat Woku Belanga, bisa dikonsumsi untuk 2 orang, atau bisa lebih jika bahan yang digunakan lebih banyak. Jika menginginkan rasa yang lebih pedas, jangan lupa tambahkan cabe rawit saat memasaknya.

Baca Juga :  Resep Makanan Khas Bandung: Cara Membuat Cimol