Resep Kue Pukis Lembut

0 Comments

Bicara mengenai jajanan khas Indonesia, kue pukis tentu termasuk salah satunya. Kue tradisional ini juga dikenal dengan sebutan kue pancong dan umumnya dijumpai di pasar tradisional, namun kini bisa juga ditemukan di mall dan pasar modern. Kue pukis merupakan kue basah yang berbahan utama tepung terigu, gula pasir, telur, ragi, dan santan yang dipanggang menggunakan cetakan khusus kue pukis.

Meski merupakan kue tradisional kue pukis saat ini telah dikreasikan dengan berbagai variasi topping seperti coklat, kacang, keju, hingga irisan daging yang membuatnya tidak kalah saing dengan kehadiran kue-kue modern. Rasa manis klasik kue pukis yang dikombinasikan dengan gurihnya irisan daging menciptakan rasa yang unik dan tentunya lezat.

Bila Anda tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri, berikut resep kue pukis lembut dengan rasa gurih legit yang nikmat, yang bisa Anda kreasikan dengan berbagai pilihan topping sesuai selera Anda.

 

Bahan-bahan:

1 kg             Tepung Terigu serbaguna Segitiga Biru

300 gram      Mentega

700 gram      Gula Pasir

10 gram        Ragi Instan

10 butir        Telur

1,2 liter        Santan

1 sdt             Garam Halus

Secukupnya    Pasta Pandan

Keju parut dan coklat meses untuk topping

Cara membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, gula, garam, dan ragi instan aduk dengan balon whisk hingga tercampur rata.
  2. Masukkan telur dan mentega lalu aduk kembali hingga membentuk adonan.
  3. Tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk, hingga tercampur rata dan tidak ada adonan yang menggumpal.
  4. Tambahkan sedikit pasta pandan lalu aduk merata sampai mendapat warna hijau yang pas serta tidak terlalu pekat.
  5. Diamkan dan istirahatkan adonan selama kurang lebih 30 menit hingga proses fermentasi maksimal dan adonan mengembang sempurna.
  6. Siapkan cetakan khusus kue pukis dan panaskan dengan menggunakan api kecil, lalu oles tipis permukaan cetakan dengan mentega agar tidak lengket.
  7. Aduk adonan yang sudah mengembang agar kandungan udaranya menghilang, kemudian tuang adonan ke dalam cetakan hingga terisi ¾ bagian.
  8. Tutup cetakan dan tunggu sebentar hingga kue mulai matang.
  9. Saat adonan kue pukis sudah setengah matang, taburi topping meses coklat atau keju sesuai selera Anda. Tutup kembali hingga kue pukis matang merata.
  10. Kue pukis yang sudah matang memiliki permukaan yang kering, siap diangkat dan dikeluarkan untuk segera disajikan dalam keadaan hangat.
Baca Juga :  Resep Kue Lebaran Tanpa Oven

Itulah resep kue pukis lembut yang dapat Anda coba praktekkan sendiri di rumah. Selain pasta pandan, Anda dapat menggantinya dengan pasta rasa lain seperti coklat, moka, dan lain sebagainya sesuai selera Anda. Beberapa tips dalam membuat kue pukis adalah menggunakan wadah yang besar saat mencampur adonan, karena adonan dapat mengembang hingga 2x lipat dari sebelumnya.

Kemudian usahakan mengaduk adonan setiap sebelum menuangkan adonan ke dalam cetakan. Hal ini dilakukan dengan tujuan menghilangkan gelembung udara agar menghasilkan permukaan pukis yang halus dan mulus. Gunakan api sedang saat memanggang, karena api yang terlalu besar akan mengakibatkan bagian bawah kue akan gosong dan berkerak, sementara menggunakan api yang terlalu kecil beresiko menghasilkan kue yang tidak matang.

resep kue pukis

Oleh karena itu harus menggunakan api sedang yang panasnya merata. Biasanya loyang atau cetakan yang digunakan untuk membuat kue pukis memiliki bentuk setengah lingkaran atau bulat, namun sekarang ini terdapat berbagai pilihan bentuk cetakan seperti cetakan berbentuk hati, bintang, dan bentuk lainnya yang membuat tampilan kue pukis semakin menarik dan menggugah selera.