Tips Soto Ayam Gurih, Resep Aneka Soto Khas Nusantara

Kalau berbicara mengenai masakan nusantara, tentunya akan beragam kuliner mulai dari kering atau kuah, pedas atau manis, atau gurih, dan lain-lain. Apalagi kalau diurutkan berdasarkan cara pengolahannya, dibakar, digoreng, ditumis, digeprek, dipepes, diungkep, digarang, masih banyak lagi caranya. Belum lagi dari jika diurutkan berdasarkan daerah, sabang sampai merauke. Waduh. Ada ribuan resep masakan khas nusantara yang tersebar dan mirip-mirip satu sama lain.

Pada artikel kali ini, kita akan membas tips membuat soto yang gurih dari resep aneka soto. Soto, yang identik dengan kuah warna kuning dan rasa gurih santan ini merupakan kuliner Indonesia yang popular. Membuat soto ayam tak sesulit yang Kalian bayangkan. Soto ayam ini netral dari Indonesia tidak mewakili daerah manapun. Beda dengan soto babat yang resep soto babat nya khas dari Malang. Karena soto ayam merupakan salah satu jenis sup tradisional dengan olahan sayur kol dan daging atau babat. Soto dibaut dengan cara perebusan saja.

Kalau ingin membuat soto ayam sendiri dirumah, berikut tips yang bisa kalian gunakan sebelum memasak soto :

  • Pemilihan jenis ayam

Daging ayam digunakan sebagai isian soto. Ayam sendiri kaya akan protein yang baik untuk tubuh. Soto ayam biasanya menggunakan daging ayam kampung. Hanya saja ayam kampung harganya lebih mahal.

  • Perebusan ayam

Ayam harus direbus dengan api kecil saja. Sebelumnya, potong ayam menjadi 4 atau 8 bagian. Cuci terlebih dahulu dagingnya sampai bersih tanpa darah, tiriskan hingga tak ada darah dan kotoran tersisa. Didihkan air, masukkan potongan ayam dan rebus.

  • Bumbu soto

Untuk membuat soto perlu bumbu. Soto ayam sendiri ada dua versi. Ada 2 versi soto ayam untuk bumbunya, ada soto berkuah bening dan ada yang kuning. Untuk soto bening, hanya dibumbui dengan kemiri, bawang merah, bawang putih dan lada. Sedangkan yang berkuah kuning memakai kunyit. Keduanya tetap harus ditumis dulu untuk bumbu halus ini hingga benar-benar matang, bergumpal kecil dan aromanya wangi. Tambahkan daun salam, serai, daun jeruk hingga wangi baru masukkan ke dalam rebusan ayam.

  • Kaldu Daging
Baca Juga :  Resep Kue Sus Anti Gagal

Ini penting. Rasa kuah yang enak biasanya terletak dari kaldunya. Ayam yang direbus, kemudian kaldu ayam nya digunakan bersama dengan bumbu hingga meresap dan daging ayam empuk malah semakin nikmat dimakan. Selanjutnya ayam yang tadi direbus bisa diangkat dan tiriskan. Ayam bisa digoreng atau biarkan dalam bentuk rebusan lalu disuwir.

  • Pelengkap

Wah ini dia juru kunci makanan soto. Meski terlihat sepele karena namanya pelengkap, toh tanpa pelengkap makan soto jadi kurang mantap. Pelengkap dan isian soto sebaiknya disiapkan terpisah. Seperti telur rebus, bihun yang sudah diseduh, tauge yang sudah dibersihkan dan disiram air panas, kecap, jeruk nipis, dan sambal rawit. Biasanya, ada kerupuk atau perkedel untuk dijadikan pelengkap makanan ini.

Indonesia memang surganya kuliner yang memiliki cita rasa khas dan kaya akan resep aneka soto. Dengan semangkuk soto, semua gizi dan protein bisa tercukupi. Meskipun bahan utamanya merupakan daging ayam, tenyata ayam  bisa diolah menjadi berbagai macam makanan khas. Soto ayam tentunya bisa menggoyang lidah bagi para penggemar makanan berkuah. Apalag kalau pedas, penimkat pedas akan berburu makanan yang pedas-pedas lainnya. Dengan kuah santan yang nikmat, soto mudah dibuat karena bahannya ada dan di perlukan juga sangat mudah di dapat.