Olahan Daging Kambing di Berbagai Daerah Indonesia

0 Comments

Idul Adha dirayakan setiap pada tanggal 10 Dzulhijah H. Dalam perayaan Idul Adha ini biasanya menyembelih hewan kurban dan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan. Tidak berhenti di situ saja, banyak juga keluarga lainnya berbondong-bondong memasak olahan daging kambing ataupun juga sapi. Buat Teman Traveler yang saat ini masih bingung untuk mencari olahan daging kambing, dalam artikel ini ada beberapa inspirasi yang datangnya dari kami. Mari kita simak informasinya:

  • Tengkleng, Solo

Solo, Jawa Tengah terkenal memiliki banyak kuliner enak dan memanjakan perut. Salah satunya yang berbahan dasar daging kambing adalah tengkleng. Jika dilihat sekilas, tengkleng akan mirip dengan gulai kambing. Bedanya, kuah dari tengkleng ini sedikit lebih encer daripada gulai. Tengkleng biasanya terbuat dari tulang kambing yang memiliki daging yang masih menempel. Bagian-bagian yang jadi favorit antara lain adalah tulang iga.

  • Sate Buntel, Solo

Olahan daging kambing lain dari Solo yang bisa menjadi inspirasi untuk olahan nanti adalah sate buntel. Sate buntel memiliki citarasa yang begitu gurih, tak salah banyak orang ketagihan dengan kuliner satu ini. Daging kambing dicincang sampai halus kemudian kepal-kepal lonjong lalu ditusuk dan dilapisi atau dalam bahasa Jawanya dibuntel dengan minyak kambing.

  • Kagape Kambing, Jepara

Kagape kambing merupakan kuliner khas Jepara. Kuliner yang sangat mudah dijumpai di Jepara terutama saat Hari Raya Idul Adha. Jika dilihat sekilas, kagape ini mirip dengan kari, namun bedanya adalah penggunaan air asam jawa dan santan kental. Ini merupakan hidangan kaya rempah dan memiliki citarasa yang begitu sedap.

  • Sate Kambing, Jawa

Sate kambing merupakan salah satu kuliner yang sangat populer. Karena pembuatannya yang cukup mudah, maka cara pengolahan satu ini hampir selalu dipilih. Untuk bumbunya sendiri bisa bumbu kecap ataupun juga sambal kacang. Rasa dari sate kambing ini juga begitu memanjakan perut, tak salah jika hampir selalu disuguhkan kala Idul Adha tiba.

  • Dendeng Batokok, Sumbar

Dari Sumatera Barat ada kuliner yang bernama dendeng batokok yang bisa jadi pilihan. Dendeng ini tebuat dari daging yang telah dibumbui lalu dipukul-pukul (ditokok) sampai bentuknya menipis. Proses selanjutnya dijemur hingga kering lalu digoreng. Nah, kemudian daging ini tadi diberi bumbu balado.

  • Soto Daging Bening

Soto salah satu makanan yang sangat cocok dimakan pada saat cuaca dingin apalagi saat musim hujan.  Di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis soto salah satunya adalah resep soto daging bening Jawa Tengah. Seperti namanya makanan ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya ada juga yang menggunakan daging kerbau seperti soto kudus di Jawa Tengah. Cita rasa yang dimiliki soto sapi adalah gurih, sedap, lezat, pedas dan sangat bisa menggugah selera makan kita,  soto sangat cocok dimakan saat masih hangat dan pada waktu pagi hari atau malam hari karena cuaca yang masih dingin.

Resep Soto Daging

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi kikil atau jeroan sapi anda juga bisa menambahkannya pada makanan ini, seperti makanan asal jawa barat yaitu mie kocok bandung yang menggunakan kikil atau jeroan sapi sebagai bahan utamanya. Bagi Anda yang berniat membuat soto daging sendiri di rumah, resep dan caranya cukup mudah bumbu yang di gunakan nya juga banyak beredar dan dijual di sekitar kita, baik di pasar tradisonal atau modern.

Baca Juga :  Resep Membuat Bolu Gulung yang lagi Ngehits