Berburu Jajanan Pasar di Pasar Kue Subuh

Kalau pergi ke pasar sih sering, tapi pernah ke pasar kue subuh belum? Belum ya? Bagi yang belum tahu, pasar kue subuh adalah tempat penjual jajanan pasar menjajakan dagangannya. Kalau di Jakarta, Pasar Senen sudah terkenal sebagai pasar kue subuh yang melegenda. Pasar Senen sudah ada sejak tahun 60-an. Dinamakan Pasar Kue Subuh karena memang pasar ini berbperasi pada subuh hari. Namun saat ini Pasar Kue Subuh di Pasar Senen buka mulai jam 6 sore hingga 7 pagi.

Kalau kalian baru pertama ke pasar kue subuh di Pasar Senen, jangan terkejut saat memasuki pasar mata kalian dimanjakan dengan aneka warna dan ragam jajanan pasar. Sepanjang pasar, di meja para pedagang kue ini menjajakan dagangan. Ada yang khusus berjualan gorengan, makanan manis seperti aneka kue, ada yang menjual semuanya. Ada yang menjual bapao karakter yang resep bapao sudah dibagikan pada artikel sebelumnya. Ada yang menjual roti buaya untuk pernikahan. Wah pokoknya, berbagai kue-kue dengan warna menarik dijual disini. Tentu kita jadi ingin membeli semua kuenya.

Ini dia 5 Jajanan Pasar yang pasti ada di pasar kue subuh :

  1. Lapis Beras

Lapis Beras adalah salah satu kue tradisional yang gurih dan manis. Jajanan pasar yang satu ini banyak dijajakan di beberapa toko kue maupun penjual kue tradisional. Kalau di pasar kue subuh tentu mudah didapatkan. Lapis Beras ini sederhana dengan tekstur padat dan satu warna makanannya yang hanya warna putih saja.

  1. Dadar Gulung

Siapa yang tahu makanan manis berwarna hijau ini? Sebagai yang suka pada jajanan pasar dan kue basah, dara gugur ini mempunyai rasa gurih serta manis. Kulit dadar yang tidak terlalu tebal serta isian kelapanya ini membuat nagih. cara membuat dadar gulung sendiri mirip seperti membuat adonan telur dadar. Tepung yang dicampur dengan air dan pewarna hijau ini kemudian di cetak seukuran Teflon. Kalau sudah jadi, tinggal tambahkan kelapa parut yang sudah tercampur gula merah. Kue Dadar Gulung ini mirip seperti lumpia tetapi rasanya jelas berbeda.

  1. Pukis
Baca Juga :  Minuman Segar dari Buah: Cara Membuat Es Teler

Jajanan ini gak hanya ada di pasar kue subuh, sepanjang perjalanan ke stasiun kereta atau mungkin ada penjual kelilingnya di sekitar rumah. Pukis memang populer. Pukis biasanya berwarna kekuningan serta diberi taburan/topping sesuai selera, seperti coklat meises, dan keju. Meskipun pukis paling enak dihidangkan hangat-hangat, pas dingin pun tidak masalah untuk dimanakan. Tetap enak kok! Kue yang dibuat dari tepung ini mengandung karbohidrat yang membuat perut kenyang. Teksturnya yang lembut seperti roti ini jadi kesukaan semua orang.

  1. Lemper

Lemper bukan makanan manis. Tapi Lemper masuk kategori jajanan pasar. Lemper sangat sangat populer dijadikan camilan sebelum makan siang dalam snack box saat seminar. Lemper terbuat dari beras ketan yang dibentuk lonjong dan berisi daging di dalamnya. Rasanya yang gurih dan mengenyangkan membuat banyak orang menyukainya.

  1. Kue Bolu Pandan

Nah ini dia kue yang ada di pasar kue subuh tapi bisa dibuat orang rumah bahkan jadi tidak terkesan jajanan pasar lagi. Yups! Bolu pandan adalah satu diantara jenis makanan yang menggunakan tepung sebagai bahan utamanya. Biasanya dijual utuh satu Loyang. Untuk kue bolu ini bervariasi toping dengan harga yang bervariasi pula.