Resep Bumbu Ayam: Cara Membuat Ayam Rica-rica

0 Comments

Meskipun ayam termasuk dalam bahan makanan yang nikmat, namun tak jarang diantara masyarakat yang justru bosan mengkonsumsinya, tak lain hal ini sebenarnya disebabkan karena kurang pintar dalam mengolah, misalnya hanya menggorengnya saja atau membuatnya sebagai menu utama untuk beberapa jenis sayur tertentu. Padahal ada jauh lebih banyak menu makanan nikmat yang bisa dibuat dengan mengandalkan daging ayam ini. Cara membuat ayam rica-rica  tersebut bisa ditemukan di buku-buku atau lewat panduan memasak online, tinggal ikuti saja petunjuk yang ada. secara otomatis nantinya keluarga tidak akan bosan dengan hidangan dari bahan dasar daging ayam tersebut.

Daging ayam memiliki tekstur yang memang terbilang unik, bergantung juga pada jenis ayamnya, seperti diantaranya adalah ayam potong yang cenderung lebih empuk dibandingkan dengan ayam kampung dan juga ayam petelur, namun jika dilihat kandungan gizinya sendiri ayam kampung memang jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis daging ayam yang lainnya, untuk itulah harganya lebih mahal di pasaran.

Bagi Anda yang senang dengan sensasi pedas, maka bisa mencoba salah satu resep yaitu ayam rica-rica, resep bumbu ayam ini mudah dan tidak memakan banyak waktu. Berikut ini agaknya yang dapat dicoba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam kampung, cuci dan potong menjadi 8 bagian
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt gula pasir
  • 5 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 300 ml air
  • Minyak untuk menumis

Bumbu halus:

  • 8 buah cabai merah
  • 2 buah tomat
  • 9 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe

Cara membuat:

  1. Untuk menghilangkan aroma amis dari ayam, maka sebelumnya baluri daging ayam tersebut dengan memakai air perasan jeruk nipis dan juga garam, diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian cuci bersih lagi untuk menghilangkan rasa masam pada daging ayam.
  2. Bumbu sudah harus dihaluskan, setelah itu siapkan wajan dan mulai panaskan minyak, masukkan bumbu halus kedalamnya, tumis sampai tercium aromanya.
  3. Masukkan daun jeruk dan juga serai yang sudah dimemarkan kedalam tumisan bumbu, aduk-aduk dan tambahkan daging ayam. Biarkan selama beberapa saat sampai ayam setengah matang.
  4. Masukkan air kedala tumisan tersebut, aduk rata kemudian tambahkan gula dan juga garam.
  5. Biarkan sampai air yang ada di dalam masakan mulai mendidih dan juga habis, setelah ayam mulai berubah warna menjadi kemerahan dan juga bumbu mulai meresap sempurna kedalam masakan tandanya ayam rica-rica sudah mulai matang.
  6. Angkat dan sajikan. Sangat mudah memasak ayam rica-rica, resep bumbu ayam tersebut bisa disesuaikan dengan jumlah ayam yang dimasak, jika lebih banyak maka dapat ditambah, begitu juga sebaliknya ketika ayam yang dimasak sedikit maka nantinya dapat dikurangi. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam memasak ayam adalah kondisikan bahwa api dalam keadaan kecil. Ketika nyala api kecil maka akan menghindari ayam tersebut gosong.

Menu makanan yang satu ini sangat cocok disantap bersama dengan nasi putih hangat, apalagi bagi yang gemar dengan makanan pedas, tentunya akan semakin meningkatkan nafsu makan. Daging ayam nyatanya tidak hanya enak, melainkan juga kaya akan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga :  Minuman Segar dari Buah: Cara Membuat Es Teler