Aneka Soto Khas Indonesia Yang Wajib Anda Coba

0 Comments

Soto merupakan salah satu makanan asli khas nusantara yang tentu bisa Anda temukan aneka soto di mana-mana. Di warung, restoran bahkan di rumah, Anda bisa menemui makanan soto. Makanan ini paling nikmat jika disantap di pagi hari bersama teh hangat. Meskipun ada dimana-mana, namun di setiap tempat memiliki bentuk dan rasa soto yang sedikit berbeda dan khas. Mari kita simak beberapa makanan soto:

  1. Soto Lamongan

Soto khas Jawa Timur ini memiliki ciri khas yaitu menggunakan bubuk koya sehingga rasanya terasa gurih. Bubuk koya terbuat dari udang dengan sedikit bawang, atau bahkan kerupuk. Ayamnya menggunakan ayam kampung. Yummmy!

  1. Soto Kudus

Buat yang lagi ke Kabupaten Kudus, mampir dulu deh di rumah makan yang menyediakan soto kudus. Pasalnya, soto kudus menggunakan daging ayam, sapi dan juga kerbau. Soto ini selalu disediakan di dalam mangkuk berukuran kecil. Lezat!

  1. Soto Madura

Soto madura memiliki kuah yang berwarna coklat pekat. Soto ini memiliki rasa gurih yang disebabkan karena jeroan sapi di dalamnya. Iya. di dalam soto ini ada jeroan seperti babat, paru dan juga usus sapi. Bisa ditambahkan telur rebus, ayam atau tauge. Rasanya? Nikmat!

  1. Soto Mie Bogor

Buat Anda yang bingung mau makan soto atau mi, mending cobain aja Soto mi khas bogor ini. Hihihi. Minya pakai mi kuning. Isi sotonya ada urat, babat, kaki sapi dna juga risoles! Iya, risoles yang jajan itu. Biasanya orang kalau makan soto ini tanpa pakai tambahan nasi.

  1. Soto Banjar

aneka soto

Makanan khas provinsi Kalimantan Selatan ini memiliki harum yang sangat menggugah selera. Harumnya soto banjar berasal dari rerempahan seperti kayu manis, biji pala, dan cengkeh. Isinya ayam yang disuir, lalu ada telur rebus dan yang jadi khasnya adalah tambahan perkedel.

  1. Coto Makassar

Soto asal Makassar ini punya rasa gurih yang cukup unik. Rasa gurih ini berasal dari isi dari soto atau coto makassar, yaitu jeroan atau isi dalam perut sapi. Yang suka jeroan pasti coto ini jadi idola kalian.

  1. Soto Babat

Sapi memang salah satu hewan yang multifungsi. Hampir semua bagian dari tubuh hewan ini bisa kita manfaatkan untuk kepentingan manusia. Sebut saja kulitnya, kakinya apalagi dagingnya. Salah satu yang akan kita buat kali ini adalah babat sapi. Bagian tubuh ini mungkin jarang sekali yang menggunakannya untuk membuat resep masakan, tapi kali ini kita akan mengkombinasikannya dengan bumbu soto menjadi soto babat sapi spesial. Dengan menggunakan bumbu soto babat spesial yang terdiri dari rempah rempah alami, resep soto babat atau beef tripe soup ini tidak kalah enak dan lezat lho apabila dibandingakan dengan resep soto betawi, soto jeroan madura atau resep lainnya. Untuk kali ini, kita akan membuat versi biasa, tetapi kalau mau, teman teman juga bisa membuat soto babat santan yang kuahnya lebih kental.

Babat sapi termasuk dari salah satu bagian jeroan sapi yang banyak mengandung kandungan gizi dan lemak. Buat teman teman yang belum terbiasa menyantapnya, melihat bentuk babat sapi mentah mungkin sedikit membuat geli. Ya, babat yang berasal dari bagian lambung tubuh sapi ini memang bentuknya mirip seperti handuk dengan warna sedikit gelap dan kelihatan tebal. Untuk itu, ada beberapa tips yang harus diperhatikan supaya resep soto babat sapi yang akan kita buat nanti hasilnya sempurna dan empuk. Kalau cara membuat soto babatnya benar, resep soto babat sapi ini rasanya tidak kalah kok dengan resep soto lain.

Baca Juga :  Berbagai Olahan Ayam untuk Menemani Bersantap Anda!